Keyblade

Keylogger

| Tuesday, March 13, 2012
Keyloger merupakan program atau hardware yang merekam penekanan tombol keyboard dengan tujuan tertentu. Keylogger dapat di gunakan untuk kepentingan baik atau bahkan untuk kepentingan yang merugikan pihak tertentu. Bayangkan jika anda mengakses internet melalui komputer warnet yang telah terinstall keylogger. Maka Account e-mail, facebook, twitter, hingga informasi pribadi kartu kredit pun dapat di curi oleh orang lain. Oleh karena itu antisipasi terhadap keylogger perlu di garis bawahi.
Keylogger dapat di kategorikan menjadi dua, yaitu keylogger yang berupa hardware dan keylogger yang berupa aplikasi.


Keyloger berupa aplikasi dapat bersifat lebih variatif karena metode perekaman hingga pengiriman hasil rekaman dari komputer korban ke pemilik keylogger pun beragam.

Keylogger berupa hardware tidak memiliki ketergantungan terhadap aplikasi atau software yang terinstal di komputer. Keyloger jenis ini berupa penyambungan kabel yang di sambungkan pada penyambung keyboard. Jenis lain dari keylogger ini adalah keylogger yang sudah terintegrasi didalam keyboard. Data rekaman di simpan dalam memory pada EEPROM. Jenis lainnya yaitu keylogger yang terintegrasi dengan motherboard, tepatnya berupa firmware di BIOS.
Keylogger jenis hardware tidak begitu populer dan jarang di gunakan.

Bagaimana Cara Kerja Keyloger??

Sebenarnya cara yang di gunakan Keylogger untuk merekam ketikan cukup beragam.
Berikut ini beberapa fungsi API dalam bahasa pemrograman yang di gunakan keyloger untuk memonitor ketikan pada keyboard :
1. GetKeyState = Berfungsi untuk mendapatkan tombol keyboard apa yang sedang di pencet. Untuk menggunakan fungsi ini program  membutuhkan timer atau looping untuk memonitor tombol yang di gunakan sencara berkelanjutan. Parameter yang di gunakan pada fungsi ini berupa nilai ascii.
2. GetAsyncKeyState = Hampir sama dengan fungsi GetKeyState, Bedanya dengan fungsi GetAsyncKeyState, fungsi nya tidak memerlukan konstanta KEY_PROSSED.
3. DirectX = Metode DirectX menggunakan fungsi DirecInput dari File DINPUT.dll
4. Low Level Keyboard Hook ( SetWindowsHookEx ) = Teknik ini menggunakan perintah SetWindowsHookEx dengan WH_KEY-BOARD_LL sebagai parameter untuk membuat Low Level Keyboard Hook.

Takut data seperti id dan password anda ketahuan ketika main di warnet?? Nah, saya ada tips-tip untuk mencegah/meminimalkan resikonya :

1.       Instal top-notch anti-virus dan anti-spyware pada sistem Anda, sebaiknya program-program yang membantu mencegah keyloggers dan menonton aktivitas keylogging. Ini tidak menjamin Anda tidak akan mendapatkan keylogger, tetapi membantu dengan mengenali dan menghapus tanda tangan yang dikenali keylogger.
2.       Secara teratur memeriksa proses yang berjalan pada sistem Anda dan mencari sesuatu yang mencurigakan. Dalam sistem Windows ® Anda dapat menggunakan Task Manager untuk melihat proses yang berjalan.
3.       Firewall umumnya tidak memberikan perlindungan dari keylogger tetapi dapat mengingatkan Anda jika program sedang mencoba untuk mengirim informasi ke Internet. Dengan menghentikan tindakan ini, Anda dapat mencegah pencuri mengambil log dari Anda, dan Anda dapat waspada terhadap kemungkinan adanya keylogger.
4.       Metode lain untuk mengakali sebuah keylogger termasuk mengetik huruf atau angka tambahan saat memasukkan informasi aman, misalnya memasukkan karakter tertentu untuk menggantikan mereka.
5.       Anda juga dapat menggunakan browser dengan form-filler function yang akan membuat nama pengguna dan password aman di sistem anda, dan mengisinya secara otomatis saat Anda memasukkan sebuah situs, tanpa memaksa Anda untuk menggunakan mouse atau keyboard.
6.       Selain itu, ada program yang dapat men-scan keyloggers sekaligus dapat mendeteksi proses komputer yang sah, sehingga sulit bagi kebanyakan orang untuk menggunakan keylogger.
Sorry kalau kali ini saya copas dari blog seseorang, soalnya saya lagi menghadapi ujian jadi tidak ada waktu untuk menulis-nulis. Sudah lama saya tidak mendengar tentang keylogger, tapi karena ada teman saya yang share supaya hati-hati dengannya, saya langsung teringat untuk menulisnya di blog saya. Thanks bagi blog yang menyediakan informasi ini. Dan thanks juga bagi Hendi Winata (Hhi.. mau mulai mengenali teman-teman saya)

0 comments:

Post a Comment

Next Prev